INOVASI TAWADHU (Tadarus Wajib Dhuha dan Dzuhur) SMPN 3 SITUBONDO

INOVASI TAWADHU SMPN 3 SITUBONDO: meningkatkan keimanan dan ketakwaan yang merujuk pada pembentukan karakter positif pada siswa.

SMPN 3 Situbondo, merupakan salah satu sekolah unggulan di Kabupaten Situbondo yang memberikan perhatian lebih terhadap pembentukan karakter siswa terutama untuk menekan angka kenakalan remaja. Hal ini yang mendorong adanya inovasi TAWADHU (Tadarus Wajib, Dhuha dan Dhuhur).

Inovasi TAWADHU dilaksanakan setiap hari secara berjenjang. Dalam satu tahun setiap kelas mendapat jadwal TAWADHU 10 kali, sehingga dalam kurun waktu 3 tahun melaksanakan sebanyak 30 kali. Pelaksanaan inovasi ini terjadwal dan menggunakan presensi siswa serta tetap di pantau oleh guru.

Dengan adanya inovasi ini diharapkan angka kenakalan remaja khususnya di SMPN 3 Situbondo menjadi 0%. Selain itu, manfaat adanya inovasi TAWADHU yaitu terbentuknya karakter positif pada siswa, meningkatnya keimanan, ketakwaan dan prestasi siswa melalui pembiasaan hal-hal positif, serta peserta didik terbiasa untuk melakukan TAWADHU baik di sekolah, rumah, dan masyarakat, adanya solusi terhadap permasalahan siswa dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah maupun lingkungan keluarga, tercipta generasi yang berbudiluhur, beriman, dan berkarakter positif.